SEKILAS INFO

     » Selamat Datang di Website Kantor Kecamatan Gemarang Jl. TGP No. 15 Telp. (0351) 7890001
Senin, 07 Desember 2015 - 12:28:57 WIB
Pelatihan Kelompok Khusus Perempuan Pengelola Sampah Rumah Tangga

Diposting oleh : Administrator
Kategori: skpd - Dibaca: 418 kali

(Gemarang, 30 November 2015) Proyek pemberdayaan kelompok khusus perempuan adalah salah satu kegiatan seksi PMD untuk melatih para kelompok para wanita untuk dapat mengolah dan memanfaatkan sampah rumah tangga yang mereka hasilkan setiap hari. Proyek ini terselenggara oleh kerjasama dari berbagai pihak, baik internal maupun eksternal. Persiapan pemberdayaan dilaksanakan oleh tim kerja, yang mana terdiri dari pegawai Kecamatan Gemarang.Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajak para ibu yang tergabung dalam kelompok SPP untuk dapat mengelola sampah yang dihasilkan dari sumber utama. 

Pemberdayaan kelompok khusus perempuan dilaksanakan pada tanggal 30 November 2015. Terdapat 4 narasumber yang memberikan materi kepada kelompok. Narasumber pertama berasal dari Dinas Kesehatan yang memberikan ceramah mengenai kesehatan lingkungan. Narasumber kedua berasal dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Madiun (DKP) yang memberikan materi mengenai pemilahan sampah dan teknik composting sampah basah. Narasumber ketiga berasal dari KLH yang memberikan ceramah mengenai dampak sampah terhadap lingkungan.

Selanjutnya narasumber keempat, ibu elya Widyastuti, adalah pendiri dan pengelola bank sampah di Desa Candimulyo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Beliau memberikan pelatihan mengenai pemanfaatan sampah sisa kemasan minuman menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi. Pada saat pelaksanaan pemberdayaan dan pelatihan, peserta pemberdayaan terlihat sangat antusias dan bersemangat mempelajari hal baru yang mereka terima. Melalui pelatihan pemanfaatan sampah kemasan minuman dan makanan instan menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi.