SEKILAS INFO

     » Selamat Datang di Website Kantor Kecamatan Gemarang Jl. TGP No. 15 Telp. (0351) 7890001
Kamis, 18 Juni 2015 - 13:40:42 WIB
Bakti Sosial Terpadu di Desa Batok Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun

Diposting oleh :
Kategori: skpd - Dibaca: 603 kali

Kimpraswil - Kembali, Bakti Sosial Terpadu (BST) digelar di Desa Batok Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun.  Desa yang berpenduduk  5.516 jiwa ini memiliki potensi di bidang perkebunan antara lain mangga harum manis, kakao, cengkeh, ubi/ketela pohon. Bahkan 90% penduduknya berkebun kakao.

Komoditas lainnya di bidang pertanian adalah pisang dan talas, yang dimanfaatkan warga untuk mengembangkan usaha dengan mengolahnya menjajadi keripik pisang dan talas. Seperti yang dilakukan Sirlanto, warga yang sebelumnya bekerja sebagai penjaga toko ini mampu mengambil peluang untuk mengembangkan usahanya sendiri. Saat ini usahanya makin berkembang, setelah mendapat bantuan alat mengiris pisang atau umbi sehingga per hari dapat menghasilkan 15 kg keripik pisang dan 15 kg keripik talas yang sudah dipasarkan sampai di pasar Gemarang.
Di Desa yang dipimpin Suwardi ini dilakukan serangkaian kegiatan BST antara lain Olah Raga, sarasehan, Kerja Bhakti Pengaspalan Jalan Lingkungan, Pelayanan Kesehatan (posyandu dan pengobatan gratis), Pelayanan Publik (di bidang administrasi, pendidikan, perizinan, pertanahan, perekonomian dan kesejahteraan, Pemeriksaan Kesehatan hewan ternak dan kawin suntik) dan pasar murah.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 10 s.d 11 Juni 2015 di desa ini cukup mendapat respon positif dari masyarakat desa setempat. Seperti yang disampaikan Sutiono, tokoh masyatakat desa,” Program BST sangat berpengaruh terhadap masyarakat di Desa Batok. Harapannya, apa yang menjadi kemauan masyarakat bisa terlayani.”

Warga lain pun mengapresiasi kehadiran Bupati beserta jajarannya yang secara langsung mengikuti kegiatan BST dan berinteraksi dengan masyarakat Desa Batok. Dengan bersilaturahmi langsung dengan Bupati, masyarakat dapat menyampaikan aspirasi demi kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan. Sukses selalu program BST !!